Kamis, 28 Februari 2019

Cara Diet Yang Benar Dan Sehat

Cara Diet Yang Benar Dan Sehat

Wanita yang hidup di era modern tentu lebih peka dengan bentuk tubuhnya. Tidak hanya anak gadis saja, tetapi juga para ibu yang sudah dianugerahi beberapa anak.

Punya bentuk tubuh yang ideal tampaknya menjadi dambaan karena dinilai tidak perlu pusing memikirkan pakaian yang hendak dikenakan. Apapun pakaian yang dikenakan, seringnya selalu tampak cocok saja, apalagi jika didukung rasa percaya diri.

Mendapatkan tubuh ideal tidak mudah, namun juga tidak sulit. Kuncinya ada pada pola hidup. Jika Anda mau menerapkan pola hidup sehat, tubuh ideal pun bisa segera didapat.

Tapi tak sedikit yang rasanya menyerah saja jika berurusan dengan diet. Tak perlu cemas, berikut trik turunkan berat badan secara instan yang bisa Anda lakukan:

1. Kurangi Mengonsumsi Makanan Manis


Ingat, tubuh hanya membutuhkan glukosa dengan kadar yang tidak banyak. Kebutuhan gula oleh tubuh dalam sehari itu hanya satu sendok teh saja. Jika lebih dari itu, sisanya akan menjadi timbunan lemak yang mudah membuat badan gemuk.

Untuk itu, kurangi makanan manis terlebih dahulu, karena makanan yang manis banyak mengandung zat gula. Gantilah makanan manis dengan yang lebih sehat, seperti buah-buahan, sayur-mayur, ikan, dan kacang-kacangan.

Selain bahan-bahan makanan tersebut aman untuk menjaga asupan kecukupan zat gula, juga banyak mengandung vitamin dan zat gizi lainnya.

Kalaupun Anda terbiasa minum teh manis, tambahkan gula hanya cukup sesendok teh saja, bukan satu sendok makan, apalagi lebih dari itu.

2. Tetap Berolahraga Meskipun Sedang Sibuk


Sesibuk apapun Anda di kantor, selalu sisihkan waktu untuk berolahraga. Anda bisa berolahraga di pagi atau sore hari.

Tentunya Anda tidak perlu berolahraga selama berjam-jam. Olahraga dalam 15-30 menit per hari saja sudah cukup bagus untuk membakar lemak yang ada di tubuh. Olahraga lari, squat jump, push up, dan cardio sangat ampuh membakar lemak.

Agar tidak lupa berolahraga, sebaiknya aktifkan alarm setiap hari agar selalu ingat waktu untuk olahraga.

3. Hindari Makan Setelah Pukul 7 Malam


Atur jam makan malam sebaik mungkin. Usahakan agar waktunya tidak di atas jam 7 malam. Pada jam ini, pergerakan yang dilakukan oleh tubuh mulai berkurang, begitu pula dengan otak.

Akibatnya, kandungan lemak di tubuh semakin menumpuk karena tubuh tidak berhasil membakar makanan yang sudah dikonsumsi.

Percepat jam makan malam Anda, misalnya pada pukul 5.30 sore atau 6 sore. Intinya, jangan melebihi pukul 7 malam.

Jika Anda merasa lapar saat tengah malam nanti, Anda bisa makan, tetapi hanya sebatas makanan ringan atau camilan sehat dalam porsi yang sangat kecil. Lebih baik lagi jika hanya makan buah.

4. Hindari Makanan Berminyak dan Berlemak


Sulit rasanya untuk menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan berminyak ini. Karena makanan yang dijual di warung rata-rata digoreng dan tentunya rasanya juga lebih nikmat.

Sebagai solusi, Anda bisa memasak makanan sendiri di rumah. Anda bisa memasak makanan dengan cara direbus atau dipanggang untuk menghindari campuran minyak pada makanan.

Kalau pun ingin menggoreng makanan, sebaiknya gunakan minyak zaitun. Hindari minyak curah yang sudah dipakai beberapa kali untuk menggoreng karena minyak ini mengandung lemak jenuh sangat tinggi.

5. Kurangi Makanan yang Mengandung Karbohidrat


Nasi dan kentang mengandung karbohidrat yang tinggi. Tak heran jika makanan ini dihindari oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

Sebagai pengganti nasi, Anda bisa mengonsumsi gandum yang rendah karbohidrat dan gula, namun kaya akan protein.

Apabila tubuh mengonsumsi karbohidrat berlebih, tubuh menjadi tidak bertenaga dan memicu terjadinya kantuk.

Akibatnya, produktivitas kerja di kantor akan menurun dan pergerakan tubuh menjadi berkurang. Jadi, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat secukupnya saja.

6. Perbanyak Minum Air Putih


Minum es teh manis atau es kopi manis memang nikmat sekali. Tapi tidak dengan akibat yang ditimbulkannya. Karena bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan termasuk berat badan berlebih karena kandungan gulanya yang tinggi.

Oleh karena itu, perbanyak minum air putih saja. Selain lebih sehat, harga segelas air putih juga lebih murah dibandingkan minuman lainnya. Cara ini bisa dijadikan sebagai salah satu trik menghemat pengeluaran pada saat Anda makan di luar juga.

7. Sediakan Camilan Sehat di Kulkas


Namanya saja camilan sehat, berarti memang diperuntukkan khusus untuk diet. Konsumsilah camilan yang terbuat dari biji-bijian, gandum, oat, atau granola yang di dalamnya mengandung sejumlah protein dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi camilan sebagai makanan selingan ini bisa untuk mencegah rasa lapar. Anda bisa membelinya di supermarket atau membuatnya sendiri di rumah. Tambahkan topping pada camilan tersebut agar rasanya lebih nikmat, seperti potongan buah-buahan, kismis, kacang mete, ataupun yogurt.

0 komentar:

Posting Komentar