Rabu, 09 September 2020

Bisa Jadi Ide Bisnis, Yuk Intip 4 Cara Membuat Sambal Teri Kemasan

Sambal Teri

Mayoritas masyarakat Indonesia gemar menyantap makanan yang bercita rasa pedas. Tidak heran jika di setiap kesempatan jamuan makan biasanya akan disajikan sambal. Saking banyaknya permintaan sambal, banyak dijual berbagai macam jenis sambal di dalam botol. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Salah satu produk yang menarik adalah sambal teri kemasan yang bisa menjadikan inspirasi bagi anda untuk membuka usaha.

Membuat Sambal Ikan Teri Kemasan Yang Disukai Banyak Orang

1. Menyiapkan Bahan Yang Masih Segar

Untuk membuat sambal ikan teri, pastikan anda menggunakan bahan yang masih segar tanpa harus menambahkan pengawet di dalamnya. Siapkan 150 gram cabai merah keriting segar dan tak lupa cabai rawit yang akan menambah cita rasa pedas. Untuk bumbunya, siapkan 7 siung bawang merah segar dengan 5 siung bawang putih. Untuk menciptakan cita rasa menggugah selera, tambahkan 1 sdm gula merah, dan ½ terasi bakar

Anda bisa menambah sedikit penyedap dan garam dengan rasio seimbang. Jangan lupa menyiapkan bahan utama, yaitu 5 sdm ikan teri tawar. Dengan memilih bahan-bahan segar dan berkualitas, rasa sambal teri yang dibuat akan lebih nikmat. Pelanggan bisa bedakan mana makanan yang sehat, mana yang terlalu banyak memakai penyedap, bahkan yang memakai pengawet sekalipun. Untuk itu, jangan menggunakan bahan yang tidak baik bagi kesehatan.

2. Memastikan Kebersihan Bahan-Bahan

Setelah anda memilih bahan-bahan yang segar, hal yang paling penting adalah memastikan kebersihannya. Cuci bersih semua bahan yang sudah disiapkan. Kemudian buang tangkai cabai dan lubangi cabai tersebut, agar tidak meletus ketika digoreng. Selanjutnya, cuci ikan teri dengan air mengalir hingga bersih. Pastikan kebersihan ikan terjamin, agar tidak mudah basi. Anda bisa mengeringkan ikan teri menggunakan tisu agar air tidak meresap lebih banyak ke dalam ikan teri.

3. Mulai Menghaluskan Bahan

Setelah semua bahan sudah terjamin kebersihannya, anda bisa menghaluskan semua bahan sambal teri tersebut kecuali ikan teri nya. Anda memiliki dua cara untuk menghaluskannya, yakni dengan menggunakan blender atau dengan menggerusnya secara manual. Jika anda membuat sambal dalam porsi yang besar, ada baiknya memakai blender untuk menghemat waktu dan tenaga.

Namun, jika anda membuat sambal dengan porsi kecil, anda bisa memakai cobek dan menggerusnya secara manual. Menghaluskan sambal dengan cara manual juga akan menghasilkan tekstur istimewa seperti buatan rumah yang akan menjadi ciri khas produk sambal kemasan. Sari di dalam air cabai juga akan lebih keluar, sehingga menciptakan cita rasa yang berbeda di setiap porsinya. 

4. Langkah Akhir Membuat Sambal Ikan Teri Untuk Bisnis Anda

Setelah semua bahan sambal dihaluskan, goreng hingga minyak meresap. Sambal teri akan segera siap setelah memasukkan ikan teri yang sudah terlebih dahulu digoreng. Aduk hingga merata hingga berubah warna menjadi gelap. Jika warna sambal sudah semakin gelap, tandanya sambal ikan teri sudah matang dan siap untuk dikemas. Anda  bisa menggunakan kemasan botol kaca yang dilengkapi logo bisnis yang sudah anda rancang.

Ide bisnis sambal ikan teri rumahan merupakan sebuah peluang yang bisa membuka jalan kesuksesan bagi anda calon pengusaha. Tentunya dengan diiringi trik dan strategi pemasaran yang tepat. Anda bisa berkreasi untuk menciptakan cita rasa unik yang berbeda agar bisa menarik perhatian konsumen. Dengan menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas, para konsumen akan berdatangan untuk membeli sambal ikan teri yang anda buat.

0 komentar:

Posting Komentar