Selasa, 08 September 2020

Mengemudi Mobil Manual? Wajib Hindari 4 Kesalahan Ini!

Mobil Manual

Meski Anda sudah membeli asuransi untuk mobil, termasuk asuransi mobil murah, bukan berarti Anda bisa mengemudi seenaknya. Sebab, selain bisa membahayakan diri sendiri, mengemudi mobil seperti ini tentunya bisa membahayakan keselamatan pengemudi lainnya. Untuk itu, pada saat mengemudikan mobil, khususnya mobil manual, sebaiknya jangan sampai melakukan beberapa kesalahan berikut ini, check it out:

1.    Menggunakan tuas transmisi selayaknya hand rest

Ada beberapa pengemudi mobil manual – dan Anda barangkali salah satunya – yang setelah mengoper gigi transmisi tidak memindahkan tangannya. Malah, ada juga yang menggunakan tuas transmisi selayaknya hand rest walaupun tidak sedang mengoper gigi. Kalau sekadar meletakkan tangan di atas tuas transmisi, hal tersebut tentu tidak masalah. Tapi, lain cerita kalau sampai Anda tidak sengaja menggoyangkan atau menggeser tuasnya. 

Pasalnya, saat tuas tergeser, maka garpu yang ada pada bagian bawah tuas transmisi bisa bergesekan dengan gerigi di sela-selanya yang tengah berputar. Akibatnya, garpu jadi cepat aus, dan lama-kelamaan Anda bisa kesulitan memindahkan gigi kecuali dengan cara yang kasar. 

2.    Menginjak kopling saat posisi gigi 1 atau 2 aktif waktu menunggu lampu merah

Kesalahan lainnya yang banyak dilakukan pengemudi mobil manual adalah menahan kopling tapi sambil memasukkan gigi 1 atau 2 ketika menunggu lampu merah atau di tengah kemacetan. Alasannya, agar pengemudi selalu berada dalam kondisi siap, jadi tak perlu lagi membuang waktu hanya untuk memasukkan gigi dan menginjak kopling begitu lampu hijau menyala atau jalanan mulai lancar.

Padahal, melakukan hal  ini justru bisa membuat kampas kopling cepat aus akibat bergesekan secara terus-menerus dengan cover clutch dan flywheel.

3.    Menggenjot pedal gas dan kopling dalam kondisi menanjak

Saat menempuh jalanan yang menanjak, ada pengemudi yang menginjak pedal gas dan menggenjot kopling secara bersamaan. Karena disangkanya, hal tersebut akan membantu mempertahankan posisi mobil supaya tidak mundur. Nyatanya, kebiasaan tersebut justru bisa membuat pelat kopling panas karena bergesekan terus-menerus, serta munculnya bau karet yang terbakar.

4.    Meletakkan kaki pada pedal kopling

Tak hanya itu saja, banyak juga pengemudi yang kerap meletakkan kaki pada pedal kopling. Yang mana, melakukan ini malah bisa memberikan tekanan pada pedal kopling. Akibatnya, pelat kopling  malah lebih cepat panas, menjadi “seret”, dan cepat aus.

 

Itulah 4 kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan ketika mengemudikan mobil manual. Nah, jika Anda punya salah satu kebiasaan tersebut – atau malah semuanya – maka segera hentikan agar kendaraan Anda tidak bermasalah nantinya!

 

 

0 komentar:

Posting Komentar