Jumat, 18 September 2020

Menilai Orisinalitas Kendaraan Bekas Melalui Inspeksi Mobil

Inspektor Mobil Bekas

Meski memiliki status mobil bekas, beberapa kendaraan second tidak selalu memiliki kondisi yang buruk. Tak jarang, beberapa mobil dengan usia yang sudah tua masih memiliki kualitas yang baik. Namun hal itu tergantung kepada bagaimana perawatan pemilik sebelumnya. Apabila berminat membeli mobil bekas, anda bisa memastikan keaslian mobil dengan jasa inspeksi mobil. Untuk itu, anda bisa mengecek kondisi mobil bekas sesuai arahan berikut.

Cara Mengetahui Kondisi Mobil Bekas

1. Memiliki Bodi Yang Masih Mulus

Tingkat kemulusan mobil memang bukan jaminan bahwa kondisi mobil tidak bermasalah. Paling tidak anda bisa menilai sendiri, bahwa bodi yang terlihat punya lecet menunjukkan spesifikasi mobil tersebut. Umumnya, bodi yang mulus sering kali dianggap mewakili kondisi secara umum dari mobil tersebut. Namun, sesuai dengan arahan inspeksi kendaraan, menilai mobil harus secara menyeluruh.

Untuk itu Anda harus melihat semua bagian dari mobil. Namun, jika Anda tidak tahu harus cek yang mana, mengetahui kondisi bodi mobil saja sudah dirasa cukup. Akan lebih baik jika gunakan bantuan jasa inspeksi kendaraan karena mereka bisa menilai besar kerusakan. Adanya permak bodi pada mobil second yang Anda lirik, akan dideteksi oleh inspeksi mobil yang Anda gunakan.

2. Tidak Memiliki Bekas Tabrakan

Jasa ini tentunya akan bisa cepat mengetahui apakah mobil tersebut pernah mengalami tabrakan atau tidak. Bantuan mereka penting, karena bekas tabrakan bisa disembunyikan dibalik bodi mobil. Mobil yang pernah mengalami tabrakan akan membahayakan keselamatan penggunanya. Hal ini dikarenakan, sistem pada mobil tersebut sudah tidak sama dengan sistem mobil yang masih baru.

3. Tidak Memiliki Bekas Dempulan Di Bodi

Bodi mobil yang sudah diperbaiki di bengkel, tentu akan menurunkan nilai jualnya. Biasanya, inspeksi kendaraan memiliki cara untuk mengetahui apakah mobil bekas tersebut sudah mengalami perbaikan bodi berupa dempulan. Biasanya mereka akan mengetuk bagian bodi mobil yang dirasanya mencurigakan. Apabila timbul suara yang berat dan tidak nyaring, maka tandanya bagian mobil tersebut sudah mengalami proses pendempulan.

4. Cat Yang Masih Asli

Menurut arahan jasa inspeksi mobil, meskipun mendapatkan perawatan yang baik, cat mobil lama akan cenderung tidak cemerlang dari keluaran terbaru. Pada bagian tertentu akan ditemukan beberapa cat yang sudah termakan usia. Hal ini sangat wajar terjadi mengingat mobil digunakan setiap hari untuk menghadapi panas dan hujan. Mobil yang sudah mengalami perubahan cat akan mempengaruhi nilai orisinal.

5. Interior Masih Tampak Asli

Kendaraan yang sudah dipakai tahunan pasti akan tercermin dari interior desainnya. Terkadang banyak mobil bekas yang interiornya diubah sedemikian rupa sehingga menghilangkan nilai keaslian dari mobil tersebut. Sering kali, banyak aksesoris bawaan mobil yang hilang. Inspeksi kendaraan bisa tahu kondisi dan spesifikasi mobil bekas secara cepat hanya dengan melihat interior mobil yang mengalami perubahan tersebut.

Apabila anda menemukan mobil dengan interior yang masih baru, terawat, dan tidak  diganti, inspeksi mobil akan memastikan jika mobil tersebut masih memiliki kondisi yang tidak banyak mengalami perubahan. Mobil seperti inilah yang baik. Namun, untuk memastikannya, anda bisa mengandalkan jasa inspeksi mobil bekas sebagai pemberi informasi akurat dan menyeluruh mengenai mobil bekas yang nantinya akan dibeli.

Memilih mobil bekas haruslah sesuai dengan kebutuhan kita. Namun terkadang, hal ini menjadi penghalang bagi pembelinya. Hal ini dikarenakan setiap mobil second pastinya memiliki kekurangan tersendiri. Oleh karena itu, anda harus cermat dalam memilih mobil. Apabila Anda mengalami kesulitan mengecek keaslian mobil, anda bisa meminta bantuan tenaga inspeksi profesional seperti Ostopector.

 

0 komentar:

Posting Komentar